Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar sosialisasi pemenuhan Indeks Kinerja Dosen (IKD) yang akan digunakan sebagai dasar remunerasi pada tahun 2023. Dr. Muhammad Hadi, SKM, M.Kep., (Wakil Rektor I) dan Dr. Mutmainah, MM. (Wakil Rektor II) hadir dan memberikan pengantar terkait indikator kinerja, perkembangan dan pengoptimalan sumber daya.
Hadi menjelaskan bawa indikator yang dijadikan parameter kinerja dosen yaitu kemampuan dosen dari segi prestasi dan pengembangan diri sebagai staf akademik. Sementara itu, Mutmainah menghimbau tenaga kependidikan dan dosen agar mengikuti perkembangan Ilmu pengetahuan teknologi, menyusun program kerja dan mengoptimalkan sumber daya program studi.
Lebih lanjut, Mutmainah juga menegaskan bahwa indikator kinerja tidak terlepas AIK (Al-islam Kemuhammadiyahan). Hal tersebut karena UMJ yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang menjadikan AIK sebagai salah satu dharma perguruan tinggi.
Kegiatan sosialisasi diikuti oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Direktur dan Sekretaris Sekolah Pascasarjana, Ka. Lembaga, Ketua dan Sekretaris Program Studi, dan Dosen Tetap UMJ, secara daring, pada Rabu (04/01). Acara dilakukan secara daring yang dibagi menjadi dua termin pada 4-5 Januari 2023. Hadi berharap pembagian termin ini dapat memaksimalkan kegiatan sehingga peserta dapat interaktif pada materi sosialisasi.
Pada hari pertama, kegiatan diikuti oleh 6 fakultas, yakni FH, FISIP, FEB, FAI, FIP dan Pascasarjana. Sementara pada hari kedua diikuti oleh FT, FTan, FKK, FIK dan FKM.
Dr. Tria Astika Endah Permatasari, SKM., MKM., Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMJ, memberikan materi terkait pedoman operasional kinerja dosen. “Adanya kegiatan ini, semoga dapat meningkatkan kualitas serta mutu dari seorang dosen,” kata Tria.
Pada kesempatan yang sama, Taufiqurrochman, M.Kom., Ketua Pusat Data dan Teknologi Informasi (PDTI) UMJ, turut memberikan materi lanjutan tentang unsur utama penilaian IKD adalah pendidikan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan penunjang kegiatan akademik dosen.
Sementara itu, pada hari kedua sosialisasi, pemateri turut menjelaskan pengisian IKD pada laman website sister.umj.ac.id, sehingga peserta turut menanyakan terkait sistematis pada penulisan dan penilaian pada website. (MN/KSU)
Selanjutnya >>>