Hasil Uji Validitas dan Reliabiltas Instrumen Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Kemahasiswaan

No Aspek Penilaian Nilai Aplha Cronbach Validitas (Nilai R Hitung) R-Tabel Keterangan
1. Prosedur pelayanan kegiatan kemahasiswaan 0,826 0,625 0,142 Valid
2. Layanan Pengembangan minat dan bakat 0,650 0,142 Valid
3. Layanan Pembinaan Soft Skill 0,514 0,142 Valid
4. Layanan beasiswa 0,760 0,142 Valid
5. Layanan kesehatan 0,582 0,142 Valid
6. Layanan sarana dan prasarana 0,783 0,142 Valid
7. Layanan bimbingan konseling 0,674 0,142 Valid

Hasil Uji Validitas dan Reliabiltas Instrumen Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Dosen, Tenaga Kependidikan, Pimpinan, Sarana Prasarana

No Aspek Penilaian Nilai Aplha Cronbach Validitas (Nilai R Hitung) R-Tabel Keterangan
1. Dosen 0,852 0,650 0,142 Valid
2. Tenaga Kependidikan 0,578 0,142 Valid
3. Pimpinan 0,714 0,142 Valid
4. Sarana dan Prasarana 0,810 0,142 Valid

Hasil Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Dosen,    Tenaga Kependidikan, Pimpinan, Sarana dan Prasarana di UMJ Tahun Akademik 2014/2015

No Aspek yang Dinilai Hasil Penilaian Total (%)
Sangat Tidak Memuskan (%) Tidak Memuaskan (%) Cukup Memuaskan (%) Memuaskan (%) Sangat Memuaskan

(%)

A.      Pengajaran dan Pembelajaran Dosen  
1. Rencana materi dan tujuan mata kuliah diberikan di awal perkuliahan. 10 15 25 40 10 100,0
2. Dosen datang tepat waktu dan mengajar sesuai waktu yang terjadwal. 10 18 20 38 14 100,0
3. Dosen memberikan kesempatan untuk bertanya jawab. 8 15 20 42 15 100,0
4. Jumlah dosen memadai (sesuai dengan bidang dan jumlahnya). 12 18 25 36 9 100,0
5. Kesesuaian evaluasi (UTS /UAS) dengan materi yang diajarkan. 10 14 23 38 15 100,0
6. Dosen memberikan Satuan Acara Perkuliahan, silabus. 8 10 30 34 18 100,0
7. Kesesuaian materi yang diberikan terhadap rencana di awal perkuliahan. 10 15 25 30 20 100,0
8. Dosen memberikan nilai, komentar, saran masukan atau tugas yang dikerjakan mahasiswa. 12 16 24 30 18 100,0
9. Dosen menggunakan alat bantu yang sesuai materi kuliah (video, gambar, peraga dll). 14 14 20 35 17 100,0
10. Kemampuan dosen dalam menjelaskan materi perkuliahan. 12 10 24 36 18 100,0
11. Penguasaan materi, wawasan, dan implementasi mata kuliah ini. 10 15 25 34 16 100,0
12. Kemampuan dosen mempraktekan materi. 6 8 28 38 20 100,0
13. Semangat dosen dalam memberikan kuliah. 8 12 24 36 20 100,0
14. Kemampuan dosen dalam memberikan motivasi/ membangkitkan minat belajar. 8 10 28 38 16 100,0
B. Pelayanan Tenaga Kependidikan
1. Keramahan dalam memberikan pelayanan 8 12 26 38 16 100,0
2. Kejelasan informasi yang diberikan 10 10 30 36 14 100,0
3. Kemudahan prosedur pelayanan 12 10 32 36 10 100,0
4. Kecepatan/Waktu yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan 10 16 24 38 12 100,0
5. Kerapihan penampilan tenaga kependidikan 6 8 28 40 18 100,0
6. Kesopanan/etika dalam memberikan pelayanan 8 16 24 36 16 100,0
7. Penggunaan bahasa yang baik 10 16 28 32 14 100,0
8. Kesesuaian pelayanan dengan permintaan/kebutuhan 12 14 24 36 14 100,0
9. Kelengkapan pelayanan yang diberikan 8 12 24 38 18 100,0
   C.  Pimpinan  
1. Ketepatan/kesesuaian kebijakan yang diberikan dalam menyelesaikan solusi akademik 8 12 30 36 14 100,0
2. Dampak kebijakan terhadap peningkatan kualitas akademik 12 16 24 32 16 100,0
3. Melakukan kerjasama dengan mahasiswa 8 16 28 34 14 100,0
4. Kemudahan komunikasi dengan mahasiswa 10 14 26 36 14 100,0
5. Etika dalam berkomunikasi 12 14 28 34 12 100,0
6. Kesesuaian/realisasi antara program kerja akademik dan kemahasiswaan dengan pelaksanaan 8 16 24 38 14 100,0
7. Alokasi/bantuan dana untuk bidang akademik dan kemahasiswaan 10 14 28 32 16
D.  Sarana dan Prasarana  
1. Ketersediaan dan kelayakan ruang kuliah 8 14 24 34 20 100,0
2. Ketersediaan dan kelayakan laboratorium 12 18 28 32 10 100,0
3. Ketersediaan dan kelayakan  ruang praktikum 10 16 30 34 10 100,0
4. Ketersediaan ruang kemahasiswaan 10 14 26 36 14 100,0
5. Ketersediaan lapangan (outdoor)  dan uang tertutup (indoor) sebagai sarana olahraga 12 14 28 34 12 100,0
6. Ketersediaan dan kelayakan ruang pengembangan seni dan kreativitas 8 12 26 36 18 100,0
7. Ketersediaan ruang diskusi 10 12 24 38 16 100,0
8. Ketersediaan dan kelayakan kantin/koperasi 10 14 26 32 18 100,0
9. Ketersediaan dan kelayakan sarana ibadah (masjid) dan tempat diskusi keagamaan 12 12 28 32 16 100,0
10. Ketersediaan tempat parkir 8 10 26 38 18 100,0

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI 

  1. KESIMPULAN

Berdasarkan hasil kegiatan survey kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dan kemahasiswaan serta pelayanan yang diberikan dosen, tenaga kependidikan, pimpinan, sarana dan prasarana secara umum sudah baik.  Meskipun mahasiswa menilai pelyanan sudah diberikan dengan baik, namun tetap diperlukan berbagai perbaikan untuk meningkatan mutu pelayanan yang sesuai denga kebutuhan pelanggan, yaitu mahasiswa.  Dengan demikian prinsip Total Quality Management (TQM) dimana Standar Penjaminan Mutu Internal  menjadi acuan dalam pelaksanaan budaya mutu termasuk dalam pelayanan akademik dan kemahasiswaan.

  1. REKOMENDASI

Berikut adalah rekomendasi yang dapat diberikan dalam meningkatkan mutu pelayanan akademik dan kemahasiswaan di Universitas Muhammadiyah Jakarta berdasarkan hasil survey pada mahasiswa tahun akademik 2014/2015:

Aspek Pelayanan 2014/2015
Gasal Genap
Prosedur pelayanan kegiatan kemahasiswaan Mulai dirumuskan system Pelayanan kegiatan kemahsiswaan secara terintergasi di tingkat universitas Dirumuskan system pelayanan kegiatan pelayanan kemahasiswaan secara terintegrasi dan dilakukan online
Layanan Pengembangan minat dan bakat Dikembangkannya beberapa kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan minat dan bakat (seni dan budaya, olahraga, dll) Dikembangkannya beberapa kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan minat dan bakat dalam bidang lainnya sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya
Layanan Pembinaan Soft Skill Dikembangkannya beberapa kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan soft skill (English club, kepemimpinan, keagamaan, dll) Dikembangkannya beberapa kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan soft skill lainnya sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya
Layanan beasiswa Meningkatkan jumlah beasiswa internal dan Melakukan akerjasama dengan beberapa stakeholder penyedia beasiswa untuk meningkatkan peluang mahasiswa memeroleh beasiswa eksternal Meningkatkan jumlah beasiswa internal dan Melakukan kerjasama dengan beberapa stakeholder penyedia beasiswa untuk meningkatkan peluang mahasiswa memeroleh beasiswa eksternal
Layanan kesehatan Penyediaan fasilitas kesehatan yang lebih representatif Penyediaan fasilitas kesehatan yang lebih representatif
Layanan sarana dan prasarana Penyediaan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan (gor olahraga, ruang teater pertunjukan seni, dll) Penyediaan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan (gor olahraga, ruang teater pertunjukan seni, dll)
Layanan bimbingan konseling Disediakannya unit konseling bagi mahasiswa baik  untuk konseling akademik dan non akademik Disediakannya unit konseling bagi mahasiswa baik  untuk konseling akademik dan non akademik

PENUTUP

Pelaksanaan kegiatan survey kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik serta pelayanan yang diberikan oleh dosen, tenaga kependidikan, pimpinan, dan sarana prasarana perlu dilakukan secara berkala setiap semester di setiap tahun akademik. Hasil kegiatan survey kepuasan mahasiswa ini diharapkan dapat dijadikan dasar pertimbangan perbaikan mutu pelayanan akademik dan kemahasiswaan oleh pengambil kebijakan sehingga menunjnag pengelolaan universitas secara good governance untuk mencapai visi,misi, dan tujuan dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kejasama dari semua pihak akan memberikan dampak signifikan terhadap perbaikan mutu pelayanan akademik dan kemahasiswaan.  Selain itu komitmen yang kuat dari pimpinan beserta seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk mengimplementasikan budaya mutu dengan menerapkan seluruh standar mutu termasuk standar pelayanan, akan mewujudkan akreditas unggu bagi UMJ.