PENDAHULUAN

Mutu pelayanan akademik dan kemahasiswaan merupakan salah satu aspek penting dalam pencapaian kualitas mutu akademik. Penyelenggaraan pelayanan akademik dan kemahasiswaaan  merupakan faktor yang turut menentukan terpenuhinya kompetensi lulusan yang ditetapkan dalam Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang telah ditetapkan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Hasil kegiatan survey kepuasan mahasiswa terhadap kepuasan pelayanan akademik dan kemahasiswaan menjadi data dukung dalam pelaksanaan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).   Hal dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan mahasiswa.

Mutu pelayanan akademik dan kemahasiswaan mencakup penilaian terhadap prosedur pelayanan kegiatan kemahasiswaan, pelayanan pengembangan minat dan bakat, pelayanan pembinaan soft skill, pelayanan beasiswa, pelayanan kesehatan, pelayanan sarana dan prasarana, dan pelayanan bimbingan konseling.  Selain itu dinilai juga mengenai pelayanan terhadap dosen dan tenaga kependidikan, pimpinan dan sarana prasarana di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

 

TUJUAN

  1. Tujuan Umum

Tujuan dari pelaksanaan survey kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dan kemahasiswaan secara umum adalah untuk  mengetahui tingkat kepuasaan mahasiswa terhadap mutu pelayanan akademik dan kemahasiswaan sebagai dasar dalam menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pada mahasiswa selanjutnya.

  1. Tujuan khusus

Tujuan khusus dari survei kepuasan mahasiswa  secara khusus yaitu sebagai berikut:

  1. Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan kegiatan kemahasiswaan di Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tahun akademik 2014/2015;
  2. Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan pengembangan minat dan bakat pada tahun akademik 2014/2015;
  3. Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan pembinaan soft skill pada tahun akademik 2014/2015;
  4. Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan beasiswa pada tahun akademik 2014/2015,
  5. Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan kesehatan pada tahun akademik 2014/2015,
  6. Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dala hal pelayanan sarana dan prasarana pada tahun akademik 2014/2015;
  7. Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan bimbingan konseling pada tahun akademik 2014/2015;
  8. Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan terhadap dosen dan tenaga kependidikan, pimpinan dan sarana prasarana pada tahun akademik 2014/2015.

 

SASARAN

Survei tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan kemahasiswaan dilakukan pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta secara periodik setiap tahun akademik.  Monitoring dan evaluasi dilakukan dibawah koordinasi Lembaga Penjaminan Mutu UMJ, dan dibantu oleh selutuh Unit Kendali Mutu (UKM) pada tingkat fakultas.  Responden adalah seluruh mahasiswa di setiap fakultas (jumlah 9 fakultas) yaitu masing-masing setiap fakultas diambil secara random yaitu sebanyak 70 mahasiswa (Total jumlah responden sebanyak 630 mahasiswa).  Jumlah mahasiswa yang menjadi responden sebanyak 20% dari total mahasiswa UMJ pada tahun akademik 2014/2015.

 

WAKTU DAN TEMPAT

  1. Waktu

Waktu pelaksanaan survey kepuasan mahasiswa terhadap mutu pelayanan akademik dan kemahasiswaan dilakukan secara rutin setiap tahun akademik yang diselenggarakan pada semester genap yaitu Bulan Agustus tahun 2015.

  1. Tempat

            Pelaksanaan survey kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dilakukan di seluruh  fakultas di Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dibantu oleh unit kendali mutu di masing-masing prodi.