KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Berdasarkan hasil kegiatan survey kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan dosen dapat diperoleh kesimpulan dan rekomendasi sebagai berikut:

  1. Kesimpulan

Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Muhammadiyah Jakarta sudah dilakukan dengan baik.  Dosen dan tenaga kependidikan menyatakan puas terhadap pengelolaan SDM di UMJ khususnya untuk periode penilaian tahun akademik 2014/2015.  Meskipun menyatakan puas, namun tetap masih banyak aspek yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan pengelolaannya terutama dalam hal peningkatan pengelolaan pengembangan komopetensi dan pengembangan karir/jabatan baik bagi dosen maupun tenaga kependidikan agar dapat mengahsilkan sumber daya yang berikualitas dan mampu memenuhi tuntutan perkembangan pendidikan baik pada tingkat regional, nasional maupu internasional

  1. Rekomendasi

Rekomendasi yang dapat diberikan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi tingkat kepuasan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan SDM yaitu:

  1. Tingkat kepuasan terhadap pengembangan karir/jabatan, tindak lanjut yag dilakukan adalah dengan mentepakan kebijakan dan mengimpelmentasikannya dalam bentuk pemberian fasilitas terhadap tenaga kependidikan seperti diberikannya beasiswa studi lanjut dengan persyaratan yang ditetapkan UMJ, agar dapat meningkatkan karir/jabatan.
  2. Selain itu peningkatan karir/jabatan dilakukan secara berkala sesuai dengan masa kerja dan kinerja yang dimiliki oleh tenaga kependidikan. Tindak lanjut lainnya adalah dengan menetapkan system penilaian kinerja secara tersentral untuk seluruh tenaga kependidikan di lingkungan UMJ.
  3. Tingkat kepuasan dengan persentase tertinggi adalah kepuasan terhadap pelaksanaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Tindak lanjut dari hasil ini adalah dengan menyelenggarakan Baitul Arqam bagi tenaga kependidikan secara berkala.

PENUTUP

Implementasi Good Governance University Perguruan Tinggi, di Universitas Muhammadiyah Jakarta berkaitan dengan  sistem pendidikan tinggi dan  kedudukan UMJ sebagai perguruan tinggi swasta yang menjunjung  harkat perguruan tinggi.  Salah satu tata kelola yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan SDM.  Prinsip dan mekanisme Good Governance University untuk mewujudkan perguruan tinggi akuntabel yang dapat tumbuh secara berkelanjutan perlu disadari oleh seluruh civitas akademika UMJ sehingga terbentuk komitemen dan kerjasama yang solid dalam menjalankan fungsi perguruan tinggi secara optimal.  Hal ini menjadi syarat yang mutlak dalam tercapainya visi, misi, dan tujuan UMJ yang bersinergi dalam mencapai akreditas unggul.