Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan terhadap Pengelolaan SDM Universitas Muhammadiyah Jakarta

PENDAHULUAN

Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan Perguuran  Tinggi Sawatsa (PTS) yang berdiri di bawah Persyarikatan Muhammadiyah.  Sebagai institusi pendidikan tinggi milik masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan tinggi berdasarkan mandat akademik dari pemerintah dan pendelegasian wewenang pengelolaan sumber daya dari yayasan, maka UMJ harus melaksanakan pendidikan yang bermutu dan manajemen yang akuntabel dengan melakukan Good University Governance (GUC).  Hal ini mutlak dilakukan agar kareditas unggul dapat dicapai UMJ berdasarkan target dan sasaran yang telah ditetapkan berdasarkan komitmen bersama seluruh civitas akademika UMJ.

Pengelolaan Sumber Saya Manusia (SDM) yang baik dapat meningkatkan kinerja optimal baik bagi dosen maupun tenaga kependidikan.  Pengelolaan SDM bagi dosen mencakup pemenuhan kebutuhan dalam hal 1) pengembangan kompetensi, 2) pengembangan karir/jabatan, 3) penelitian dan karya ilmuah, 4) pengabdian kepada masyarakat, 5) tugas tambahan, 6) kebutuhan kesejahteraan, 7) kebutuhan kesehatan dan kebugaran, 8) Al-Isalm dan Kemuhammadiyahan.  Pengelolaan ini mencakup kebutuhan terhadap pemenuhan catur dharma perguruan tinggi yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan komopetensi dosen UMJ.

Pengelolaan SDM bagi tenaga kependidikan  pengelolaan SDM mencakup pengembangan kompetensi, 2) pengembangan karir/jabatan, 3) tugas tambahan, 4) kebutuhan kesejahteraan, 5) kebutuhan kesehatan dan kebugaran, 6) Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, serta 7) kebutuhan suasana kerja.  Pengembangan dalam 7 (tujuh) aspek ini dapat meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan sehingga dapat membangun kinerja dalam atmosfir perguruan tinggi yang dinamis sesuai perkembangan ilmu dan teknologi di dunia pendidikan.

TUJUAN

     1. TUJUANTujuan Umum

Tujuan umum dari pelaksanaan survey ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan SDM di Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai dasar pertimbangan peningkatan kinerja dosen dan tenaga kependidikan di UMJ.

  1. Tujuan khusus

Tujuan khusus dari survei kepuasan mahasiswa  secara khusus yaitu sebagai berikut:

  1. Mengetahui tingkat kepuasan dosen terhadap pengelolaan dosen yang mencakup pengembangan kompetensi, pengembangan karir/jabatan, penelitian dan karya ilmuah,  pengabdian kepada masyarakat,  tugas tambahan, kebutuhan kesejahteraan, kebutuhan kesehatan dan kebugaran, serta Al-Isalm dan Kemuhammadiyahan pada tahun akademik 2014/2015
  2. Mengetahui tingkat kepuasan tenaga kependidikan terhadap pengeloaan SDM yang mencakup pengembangan kompetensi, pengembangan karir/jabatan, tugas tambahan, kebutuhan kesejahteraan, kebutuhan kesehatan dan kebugaran, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, serta  kebutuhan suasana kerja  pada tahun akademik 2014/2015.

SASARAN

Survei tingkat kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan SDM Universitas Muhammadiyah Jakarta secara periodik dilakukan yaitu per tahun akademik.  Monitoring dan evaluasi dilakukan dibawah koordinasi Lembaga Penjaminan Mutu UMJ, dan dibantu oleh selutuh Unit Kendali Mutu (UKM) pada tingkat fakultas. Jumlah dosen yang menjadi responden sebanyak 360 orang yang diambil secara random yaitu masing-masing 40 dosen per fakultas.

WAKTU DAN TEMPAT

  1. Waktu

Waktu pelaksanaan survey kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan SDM UMJ secara rutin setiap tahun akademik yang diselenggarakan pada semester genap yaitu Bulan Agustus tahun 2015.

  1. Tempat

            Pelaksanaan survey kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan SDM di seluruh  fakultas di Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dibantu oleh Gugzu Kendali Mutu Fakultas dan Unit kendali mutu di masing-masing prodi.