Tugas dan Wewenang Ketua Bidang Pengembangan dan Dokumen SPMI

  1. Merencanakan dan melaksanakan pengembangan dokumen SPMI, kebijakan SPMI,  manual SPMI, standar SPMI dan formulir SPMI
  2. Merencanakan dan melaksanakan pengendalian dokumen, catatan mutu dan laporan kegiatan
  3. Mengkoordinasikan penyusunan laporan evaluasi diri di tingkat universitas, fakultas maupun prodi/unit kerja
  4. Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders
  5. Melakukan sosialisasi dokumen SPMI kepada unit kerja
  6. Menyusun lapaoran pertanggungjawaban setiap semester
  7. Melakukan pengarsipan dokumen sistem penjaminan mutu

Tugas dan Wewenang Ketua Bidang Sistem  Penjaminan Mutu Internal

  1. Merancang dan melaksanakan pengembangan instrumen monitoring dan evaluasi , audit mutu internal serta instrumen evaluasi (kuesioner)
  2. Melaksanakan uji validitas dan reliabilitas instrumen evaluasi
  3. Merencanakan dan melaksanakan monitoring dan evaluasi serta audit mutu internal
  4. Melakukan pengukuran Renstra Universitas berdasarkan pengukuran renstra Prodi/Unit kerja tiap tahun
  5. Melakukan pengukuran sasaran mutu universitas berdasarkan pengukuran renstra prodi/unit kerja tiap tahun
  6. Merumuskan tindakan koreksi untuk memelihara dan meningkatkan mutu secara berencana dan berkelanjutan
  7. Menyiapkan dan mengkoordinasikan kegiatan audit dan monitoring evaluasi
  8. Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders
  9. Melakukan pelatihan audit dan penyusunan laporan audit
  10. Menyiapkan pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)
  11. Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap tahun
  12. Melakukan pengarsipan dokumen

Tugas dan Wewenang Koordinator Penjaminan Mutu Eksternal

  1. Menyiapkan pengisian borang akreditasi institusi
  2. Melakukan pendampingan dan fasilitasi pengisian borang akreditasi institusi dan prodi
  3. Membantu penyediaan data untuk pengisian borang akreditasi institusi dan prodi
  4. Melakukan simulasi penghitungan penilaian akreditasi institusi dan prodi
  5. Melakukan pendampingan pelaksanaan visitasi akreditasi
  6. Melakukan sosialisasi instrumen borang akreditasi institusi dan prodi
  7. Menyiapkan dan mengkordinasikan kegiatan audit, monitoring dan evaluasi dari pihak eksternal universitas
  8. Menyusun pertanggungjawaban setiap tahun

UNIT KENDALI MUTU (UKM)

Organisasi Penjaminan Mutu di tingkat Fakultas yaitu Unit Kendali Mutu

UKM Fakultas, mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan dan memonitoring pelaksanaan penjaminan mutu
  2. Mensosialisasikan, melaksanakan dan memonitoring pelaksanaan dokumen SPMI
  3. Melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) catur dharma di lingkungan Fakultas
  4. Mengevaluasi hasil monev dan tracer study dari Program Studi
  5. Melakukan pengukuran dan evaluasi Renstra dan Renop Fakultas
  6. Melakukan monev sasaran mutu Universitas dan Fakultas
  7. Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja yang spesifik Fakultas
  8. Melakukan survey kepuasan stakeholders
  9. Melakukan survey pemahaman visi, misi, tujuan dan sasaran
  10. Mengirimkan hasil Monev ke Dekan dan BPM
  11. Mempersiapkan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tingkat Fakultas
  12. Melakukan koordinasi dengan program studi dalam persiapan akreditasi
  13. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan Audit Mutu Internal
  14. Melaporkan kegiatan setiap tahun kepada BPM dan Dekan

GUGUS KENDALI MUTU (GKM)

Organisasi Penjaminan Mutu di tingkat Program Studi adalah Gugus Kendali Mutu (GKM), GKM, mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan dan memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu tingkat program studi (prodi)
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat di program studi
  3. Melakukan kajian kurikulum bersama-sama dengan ketua prodi
  4. Melakukan survey kepuasan stakeholders
  5. Melakukan survey pemahaman visi, misi, tujuan dan sasaran
  6. Melakukan pengukuran dan evaluasi Renstra dan Renop prodi
  7. Membuat laporan monev program studi dan melaporkan ke Ketua prodi dan Unit Kendali Mutu (UKM) Fakultas
  8. Mempersiapkan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di tingkat prodi
  9. Melaporkan kegiatan setiap satu tahun kepada UKM dan Ketua prodi